Logo bagi setiap perusahaan baik swasta atau instansi pemerintah menjadi penting artinya, karena terkadang sebuah logo bisa menggambarkan apa tujuan, serta visi misi perusahaan. Akan tetapi, bagi seorang graphic designer terkadang harus memiliki ide visioner dalam menciptakan sebuah desain logo bagi client, setidaknya ada 47 aturan dasar dalam membuat logo. Berikut ini informasi selengkapnya:
- Tidak boleh menggunakan lebih dari 3 warna.
- Hilangkan semua hal yang tidak perlu atau tidak penting dalam logo tersebut.
- Tulisan harus bisa dengan mudah terbaca, gunakan ukuran dan font yang sesuai.
- Logo dibuat harus bisa dikenali dengan mudah, biasanya menggunakan bentuk sederhana.
- Buat logo dengan bentuk dan layout yang unik.
- Lupakan apapun yang dipikirkan oleh orang terdekat Anda, ingat Anda membuatnya untuk siapa.
- Buat lebih dari 3 (tiga) opsi pilihan dengan karakter yang berbeda.
- Tidak boleh mengkombinasi logo yang sudah ada apalagi terkenal dan melabelnya menjadi karya sendiri.
- Tidak boleh menggunakan clipart / gambar kartun yang sudah punya arti sendiri sebelumnya.
- Logo harus bisa dibuat menjadi warna hitam putih tanpa menghilangkan bentuk asli logo berwarna.
- Logo harus bisa dipastikan bisa dikenali walaupun dengan warna yang dibalik (invert).
- Logo harus bisa dikenali ketika diubah ukurannya, terlebih dengan ukuran terkecil ketika dipakai pada produk tertentu.
- Jika logo terdiri atas ikon atau simbol tertentu, termasuk tulisan, buatlah saling berlawanan / komplemen / berbeda satu sama lain.
- Hindari penggunaan tren logo terbaru, buat logo bisa dipakai sepanjang jaman.
- Jangan menggunalan efek spesial (masih boleh coba dihindari jika menggunakan gradasi, bayangan, efek cermin, dan cahaya berpendar).
- Sesuaikan layout logo berbentuk segitiga jika memungkinkan, hindari layout yang tidak dikenali secara bentuk visual (tak beraturan / abstrak).
- Hindari detail yang ribet, ruwet dan membingungkan.
- Pertimbangkan bagaimana logo akan disajikan dan tempat berbeda meletakkannya.
- Citrakan logo yang berani dan percaya diri / yakin, jangan gunakan yang lemah dan kusam / tumpul.
- Sadari bahwa Anda tidak membuat logo yang sempurna.
- Gunakan garis yang tebal untuk bisnis yang tajam, garis lembut untuk bisnis yang lembut, sesuaikan gaya / style dengan bisnis.
- Logo harus bisa mewakili apa yang ingin disampaikan dan dikomunikasikan.
- Sebuah gambar foto tidak dibuat untuk sebuah logo.
- Buat presentasi kepada konsumen anda secara mengejutkan.
- Tidak boleh menggunakan jenis font / huruf lebih dari dua.
- Setiap elemen logo harus disejajarkan / diratakan. Rata tengah samping kiri, kanan, atas, dan bawah.
- Logo harus terlihat utuh, solid, tidak ada jejak yang tidak perlu.
- Cari tahu siapa saja yang akan melihat/menikmati logo tersebut sebelum anda berpijak untuk memikirkan ide desain logo.
- Selalu pilih kegunaan / fungsi daripada inovasi.
- Jika nama / brand dikenali dan diingat, buatlah itu menjadi sebagai sebuah logo.
- Logo harus dikenali ketika dibuat efek mirror atau dibalik kiri/kanan/atas/bawah.
- Meskipun sebuah perusahaan yang besar sekalipun membutuhkan logo yang kecil/sesuatu yang mudah.
- Semua orang harus suka logo tersebut, tidak hanya yang memakai tetapi juga yang sekedar melihatnya.
- Buatlah bervariasi. Lebih bervariasi, semakin Anda mendapatkan logo yang tepat.
- Logo harus dipakai secara konsisten dalam segala kegunaan yang berbeda. Warna, bentuk, atau hal semacamnya. Kondisi atau keadaan logo terlihat sama.
- Logo harus mudah dideskripsikan / dijelaskan maksudnya.
- Tidak boleh menggunakan slogan/ motto perusahaan ( karna itu sudah tercantum di LOGO ).
- Buatlah ide desain menggunakan sketsa gambar terlebih dulu menggunakan kertas dan pensil kemudian anda bisa bernjak untuk membuatnya menjadi logo digital memakai komputer.
- Tetap gunakan logo yang sederhana.
- Jangan gunakan simbol globe dunia.
- Logo yang dibuat tidak boleh mengacaukan / mengalihkan fokus (distract).
- harus jujur terhadap apa yang ingin disampaikan dan apa yang diwakili, tidak dibuat-buat menjadi sesuatu yang bagus tapi tak mewakili artinya / tidak sesuai.
- Logo harus seimbang secara visual, keseimbangan dalam nirmana juga.
- Hindari menggunakan cahaya warna yang terang/menyala, neon/berpendar, gelap dan kusam.
- Master logo digital dibuat dalam format vektor agar proses perubahan ukuran tidak berubah (bitmap akan blur ).
- Jika sudah deal dalam desain logo, bila memungkinkan buatlah rangkaian tata cara membuat logo tersebut menggunakan software desain grafis tertentu, semacamtutorial. Hal ini akan memudahkan sepeninggal Anda untuk membuatnya ulang, disamping itu juga penikmat logo akan lebih mengenal logo jika itu diesebarluaskan.
- Logo yang dibuat tidak boleh melanggar satupun dari apa yang disampaikan diatas.
ARTI & MAKNA GARIS, WARNA SERTA SEMIOTIK DALAM LOGO
GARIS
unsur terbentuknya sebuah gambar
1. Tegak : kuat, kokoh, tegas, hidup
2. Datar : lemah, tidur, mati
3. Lengkung : lemah, lembut, mengarah
4. Patah : tegas, tajam, hati-hati, naitk turun
5. Miring : sedang, menyudutkan
6. Berombak : halus, lunak, berirama
WARNA
1. Merah : kekuatan, bertenaga, kehangatan, nafsu, cinta,
agresif, bahaya
2. Biru : kepercayaan, konservatif, keamanan, teknologi,
kebersihan, perintah
3. Hijau : natural, kesehatan, pandangan yang enak,
kecemburuan, pembaruan
4. Kuning : optimis, harapan, filosofi, tidak jujur,
kecurangan, pengecut, penghianatan
5. Ungu : spiritual, misteri, keagungan, perubahan bentuk,
galak, arogan
6. Orange : energi, keseimbangan, kehangatan
7. Coklat : bumi, dapat dipercaya, nyaman, bertahan
8. Abu abu : intelek, futuristik, modis, sendu, merusak
9. Putih : kemurnian, suci, bersih, cermat, tanpa dosa,
steril, kematian
10. Hitam : kekuatan, seksualitas, mewah, kematian, misteri,
ketakutan, tidak bahagia, anggun
SEMIOTIK
tanda-tanda/simbol yang dimaknai sama oleh semua orang.
1. Matahari : visi,harapan
2. Batu Karang : kuat,tegar
3. Merpati Putih : damai, cinta setia
4. Cheetah : kecepatan
5. Mawar Merah : kecantikan
6. Burung hantu : bijaksana, ilmu pengetahuan
7. Angka 4 : kematian
Berikut ini beberapa contoh desain logo yang bisa anda coba praktikan untuk latihan, menggunakan CorelDraw & Photoshop.
ConversionConversion EmoticonEmoticon