Bagi Anda yang ingin mengembangkan jangkauan
pasar yang lebih luas, atau ingin menjual produk offline Anda, maka media
sosial merupakan langkah tepat untuk menunjang strategi pemasaran Anda. Salah
satunya yakni dengan memanfaatkan Facebook Page. Jika Anda telah mebuatnya
untuk kebutuhan bisnis, maka dalam hal ini Anda selangkah lebih maju untuk
membawa bisnis Anda makin berkembang dan tumbuh.
Tidak sebatas hanya membuat Facebook Page, Anda
juga perlu meningkatkan fans untuk menambah keterlibatan dengan
pengguna atau calon customer Anda. Cara yang paling efektif untuk
menambahkan fans untuk Facebook Page Anda adalah, dengan menggunakan
Facebook Ads. Dalam bahasan ini, Anda akan belajar bagaimana cara
mengatur account Facebook Ads dan mempelajari semua informasi penting
yang perlu Anda ketahui tentang account Anda. Informasi-informasi ini
akan membantu Anda mengelola kampanye iklan yang lebih cerdas.
Jangan khawatir pembahasan ini akan rumit dan
menyulitkan. Anda hanya perlu untuk membaca ulasan ini dengan seksama dan
memahami alurnya secara perlahan. Bahkan, jika Anda berpengalaman dengan
Facebook Ads, maka Anda akan lebih mudah mengelola izin halaman, apps, event,
dan iklan, serta batas akun yang dapat Anda ubah.
Cara Membuat Account Facebook Ads
Jika Anda bermaksud menggunakan Facebook Ads untuk
keperluan bisnis Anda, maka hal pertama yang Anda lakukan adalah mengetahui
informasi pembayaran untuk memasang iklan di Facebook . Untuk itu,
DigitalMareketer.id akan memandu Anda dalam setiap langkah yang akan Anda
ambil.
Pertama, masuk ke ‘pengaturan
akun’. Tentunya Anda sudah terlebih dahulu
login ke Facebook menggunakan akun Anda.
Selanjutnya isi form mulai dari atas hingga bawah.
Untuk yang pertama, Anda diharuskan untuk mengisi nama akun. Pilihlah nama akun
yang sederhana, misalnya seperti nama bisnis Anda atau page yang sebelumnya
telah Anda buat.
Selanjutnya, Anda dapat mengisi informasi-informasi
lainnya. Hal ini akan digunakan untuk tujuan tagihan pembayaran. Untuk
memastikan data yang Anda isi sudah benar, alangkah baiknya untuk memeriksanya
dengan lebih seksama. Pada halaman ini Anda juga akan dijelaskan mengenai
pemberitahuan email iklan, pemberitahuan iklan Facebook, dan masih banyak lagi
lainnya. Pelajari terlebih dulu sebelum Anda benar-benar akan menyimpan
perubahan.
Setelah beranjak dari pengaturan akun, maka
selanjutnya masuk ke menu ‘Tagihan’. Jika sebelumnya Anda pernah menambahkan
kartu kredit sebagai metode pembayaran ke rekening Anda, maka Anda tak akan
asing lagi untuk melihat tampilan di bawah ini:
Oke, mari sekarang kita tambahkan kartu kredit ke akun
Facebook Ads Anda. Saat Anda benar-benar tertarik untuk menggunakan Facebook Ads,
maka KAMI menyarankan Anda untuk menambahkan metode pembayaran sekunder. Hal
ini untuk berjaga-jaga apabila kartu kredit Anda mencapai batas limit atau
diblokir dengan alasan apapun itu, maka iklan yang Anda pasang di Facebook
tidak akan berhenti tayang.
Jika pembayaran utama Anda gagal, maka iklan Anda akan
dihentikan oleh pihak Facebook, hingga Anda mampu membayarnya kembali. Untuk
menambahkan metode pembayaran, makan klik ‘Metode pembayaran’ pada menu opsi
yang di sebelah kiri atas. Pada halaman tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda
dapat memilih beberapa metode pembayaran. Mari kita menambahkan salah satunya.
Kali ini, KAMI akan memberi contoh dengan mengeklik untuk pilihan kartu kredit,
dan selanjutnya lanjutkan dengan klik ‘lanjutkan’.
Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu kredit untuk
metode pembayaran, maka Anda diharuskan untuk memasukan nomor kartu kredit,
jenis kartu, dan informasi-informasi lain terkait dengan hal tersebut.
Selanjutnya, jika Anda menginginkan untuk mengubah
metode pembayaran, maka Anda dapat mengeditnya. Satu yang perlu Anda ingat,
jika Anda terlanjur untuk menambah sumber tagihan Anda, maka Anda tidak dapat
menghapusnya. Anda hanya dapat menambahkan sumber pendanaan yang lainnya
sebagai metode untuk pembayaran nantinya.
Cara Pembayaran Fb Ads, Kapan Anda Akan Ditagih untuk Membayar kembali?
Pada Facebook Ads, cara perhitungan biaya iklan dibagi
menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC) dan CPM. Keduanya pernah KAMI
singgung pada artikel yang berjudul ‘Berbagai Model
Facebook Ads yang Harus Anda Ketahui’.
CPC
Sedikit mengulas kembali, CPC merupakan iklan di mana
Anda akan dikenakan biaya setiap kali iklan yang telah Anda pasang di klik oleh
customer. Artinya, apabila iklan Anda tidak di klik, maka Anda tidak
perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Lalu, berapa yang harus kita bayar jika
menggunakan iklan model ini? Dalam hal penentuan biaya iklan, Facebook akan
melihat beberapa hal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di antaranya
seperti apa bidang pemasaran Anda, dan kemana Anda akan mengarahkan (fanpage
atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor. Umumnya untuk
market Indonesia, biaya berkisar antara 0,05-0,12 $ atau setara dengan 650-
1.550 rupiah.
CPM
CPM sendiri merupakan iklan tayang di mana Anda harus
membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul. Artinya, sebagai
pemasang iklan, Anda hanya membayar jika iklan Anda dilihat sebanyak 1000
impresi atau tampilan. Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh pengunjung, maka
Anda tetap berkewajiban membayarnya. Facebook juga mempertimbangkan biaya iklan
terkait dengan bidang bisnis, target, dan pertimbangan lain yang sama halnya
dengan iklan CPC. Besaran nilai yang harus Anda bayar juga hampir sama
dengan CPC, yakni jika iklan Anda ditampilkan sebanyak 1000 kali, maka Anda
juga harus membayar antara jumlah rentang 0,05-0,12 dollar.
Ini Caranya Membuat Iklan Facebook yang Kreatif
Anda sekarang telah memiliki account sepenuhnya
dan tahu semua model iklan Facebook yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan
bisnis Anda. Maka, saatnya bagi Anda untuk membuat kampanye iklan Facebook yang
pertama. Untuk itu, sebelu Anda menghabiskan banyak dana untuk Facebook Ads,
maka sangat penting untuk menetapkan tujuan iklan Anda terlebih dahulu.
Apa yang Anda inginkan dari pemasangan iklan melalui
Facebook ini? Ingin meningkatkan konversi di toko
online Anda? Atau hanya untuk membangun merek dan branding
toko online Anda? Bahkan apakah hanya untuk mendapatkan lebih banyak like dan
keterlibatan dengan customer Anda? Sayangnya menggunakan
Facebook Ads bukan hanya demi itu saja.
Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu (Targeting FB Ads)
Untuk menetapkan tujuan Anda, maka pilih ‘Kelola
Iklan’. Jika Anda belum memiliki iklan, maka halaman ini masih tampak kosong.
Klik ‘Buat Iklan’ yang berada di atas kanan dari halaman Facebook Anda.
Maka Anda akan diberikan pilihan untuk membuat
beberapa iklan sesuai tujuan Anda. Misalnya seperti beberapa hal di bawah ini:
- Promosikan Kiriman Anda
- Promosikan Halaman Anda
- Arahkan orang ke situs web Anda
- Tingkatkan konversi pada situs web Anda
- Dapatkan pemasangan aplikasi Anda
- Tingkatkan interaksi dalam aplikasi Anda
- Tingkatkan kehadiran di acara Anda
- Ajak orang untuk mengklaim tawaran Anda
- Dapatkan penayangan video
Apapun yang Anda pilih, Anda harus memasukan informasi
tambahan tentang apa yang Anda ingin promosikan. Misalnya, Anda menyertakan URL
website untuk mengarahkan pengunjung ke website Anda, Facebook
Page untuk mendapatkan lebih banyak like, Posting Facebook Page untuk meraih
banyak komentar (keterlibatan), dan lain sebagainya.
Ketika Anda mempromosikan situs website
eksternal Anda, maka KAMI menyarankan
Anda untuk mengarahkan untuk tindakan konversi, bukan hanya sebatas klik saja.
Anda tidak boleh hanya puas dengan meningkatkan jumlah pengunjung situs website
saja, melainkan juga hal yang lebih efektif dengan cara meningkatkan penjualan,
berlangganan newsletter, dan hal-hal lainnya.
Saatnya Menyiapkan Gambar
Setelah Anda menetapkan tujuan iklan Anda, sekarang
saatnya bagi Anda untuk merancang iklan Anda! Hal pertama yang harus Anda
perhitungkan adalah, dengan memilih beberapa gambar yang nantinya akan Anda
gunakan.
Sekarang, Facebook akan memungkinkan Anda untuk
menguji hingga enam gambar. Pengujian ini dilakukan sebagai hal yang paling
efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja promosi iklan Anda.
Sehingga, Anda dapat mengambil keuntungan dari fitur ini untuk mengetes
setidaknya dua atau tiga gambar yang berbeda.
Beberapa tahun yang lalu, Facebook Ads menggunakan
gambar yang kecil. Namun, ini tidak terjadi lagi. Format iklan di Newsfeed
memiliki gambar besar dan sangat relevan. Jadi, pastikan untuk Anda meng-upload
foto dengan resolusi yang cukup tinggi. Facebook juga menyarankan agar
gambar yang Anda upload memiliki ukuran 600 x 315, agar lebih memiliki tata
letak yang tepat dan proporsional.
Anda memiliki 3 cara untuk menambahkan gambar untuk
iklan Anda. Caranya:
- Meng-upload gambar dari computer Anda.
- Image Library
- Menemukan gambar dalam Shutterstock database.
Dengan pilihan pada poin ketiga, maka Anda
berkesempatan menemukan lebih banyak gambar berkualitas dan mencarinya yang
relevan dengan konten iklan atau materi iklan yang akan Anda buat.
Menyusun Kalimat untuk Iklan Anda
Hal yang paling sulit ketika membuat iklan Facebook
adalah saat menyusun kalimat untuk konten iklan Anda. Konten-konten ini
bergantung pada jenis iklan Anda. Anda harus memperhatikan tiga bagian
utama, seperti halnya judul, teks, link (untuk link, khusus iklan Newsfeed).
Berikut yang perlu Anda pahami sebelum membuat komponen-komponen tersebut.
- Untuk judul, Anda hanya memiliki 25 karakter saja. Lebih dari itu, teks tidak akan muncul pada iklan yang Anda buat.
- Untuk teks iklan, Anda memiliki 90 karakter (untuk iklan Newsfeed.
- Untuk Newsfeed link pada deskripsi, Anda memiliki 90 karakter.
Intinya adalah, pastikan bahwa deskripsi atau konten
yang berupa teks tersebut dapat menerangkan gambaran bisnis atau page
Anda. Anda juga dapat memilih ‘call To Action’ seperti beli sekarang,
mendaftar, pesan sekarang, pelajari selengkapnya, dan masih banyak lagi
lainnya. Semua menyesuaikan dengan model iklan yang Anda pilih. Gunakan satu
kalimat yang padat dan jelas. Hal ini untuk menyesuaikan jumlah karakter yang
dibatasi oleh Facebook. Jika deskripsi melebihi jumlah karakter yang
ditentukan, maka bisa jadi akan terpotong ketika iklan Anda di publish.
Untuk itu, sebelum Anda untuk memutuskan membayar iklan yang telah Anda buat, klik
pratinjau terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan agar template iklan
yang sebelumnya Anda buat sesuai dengan keinginan Anda.
Berbagai Penempatan Iklan
Ketika menggunakan iklan ini, Facebook menawarkan
beberapa spot penempatan iklan. Adapun tiga tempat tersebut di antaranya
seperti Newsfeed, Mobile, dan kolom sebelah kanan.
Banyak pemasang iklan menganggap bahwa penempatan
iklan di kolom sebelah kanan hanya membuang-buang uang. Karena, penempatan pada
Newsfeed dianggap lebih strategis. Namun sayangnya, Anda tak pernah mengetahui
apakah model-model penempatan iklan tersebut baik atau tidak, sebelum Anda
mengujinya terlebih dahulu.
Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah jangan
pernah melupakan penempatan iklan yang mendukung versi mobile.
Beberapa pengiklan membuat kesalahan dengan mengarahkan pengguna yang meng-klik
iklan seluler ke situs yang tidak mendukung untuk versi mobile. Halo ini
tentunya akan menghabiskan anggaran Anda untuk sesuatu yang tidak ada gunanya.
Jika Anda mengikuti tutorial ini mulai dari awal, maka
Anda tidak perlu menggunakan jasa seseorang untuk membuat Facebook Ads ini.
Tentunya, dengan ini maka akan menghemat anggaran Anda. Cukup mudah bukan?
Materi selanjutnya, KAMI akan membahas tentang bagaimana menentukan target market
untuk iklan yang telah Anda buat, serta bagaimana mengukur keberhasilan bisnis
Anda melalui Facebook Ads. Kedua hal ini tentunya semakin menarik untuk Anda
ikuti, karena memang merupakan rangkaian menggunakan dan memaksimalkan Facebook
Ads untuk kebutuhan bisnis Anda.
ConversionConversion EmoticonEmoticon